5 Manfaat Teh Daun Tin Yang Terbukti Ampuh


Daun tin, yang dikenal sebagai daun surga, tidak hanya berarti berasal dari pohon di surga, tetapi juga berarti konotasi karena memiliki banyak manfaat. Daun ara memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan yang baik, dan manfaat ini telah dibuktikan oleh ilmu pengetahuan dan pengalaman.

Daun tin adalah daun dari pohon tin (Ficus carica) dan termasuk ke dalam famili Moraceae. Dalam bahasa Inggris, daun tin ini dikenal dengan sebutan fig leaf. Meskipun tidak sejuara manfaat buah tin, daun tin atau daun ara tetap memiliki beberapa manfaat mengesankan bagi kesehatan tubuh.

Sekedar informasi bahwa daun tin yang merupakan bagian ‘runner-up’ dari pohon tin ini merupakan daun yang sangat spesial dan ajaib. Bagaimana tidak jika daun tin berasal dari tanaman yang telah disebutkan keunggulannya oleh beberapa kitab suci yaitu Al Qur’an, Injil, Taurat, dan Ayurveda (kitab pengobatan umat Hindu).

Di samping telah tersurat di dalam beberapa kitab suci, manfaat tin juga telah dibuktikan secara ilmiah. Manfaat tin baik pada buah maupun daunnya sudah berhasil dibuktikan oleh para ilmuwan. Oleh karena itu, manfaat daun tin sering digunakan untuk mengobati beberapa masalah medis.

Manfaat daun tin untuk kesehatan tubuh

1.menurunkan kadar gula darah

Ini dapat mengobati diabetes karena menurunkan kadar gula darah. Ini didukung oleh penelitian oleh C Perez, seorang peneliti di Fakultas Kedokteran Universidad de Extremadura (Spanyol).

2.Meningkatkan metabolisme protein dan lemak

Baik untuk meningkatkan nutrisi makro, yaitu protein dan lemak. Ini adalah manfaat daun timah karena mengandung timah yang mengandung saponin, alkaloid dan flavonoid.

Mendukung proteinnya, lemak protein yang mendukung protein dalam tubuh. Ini didukung oleh Dr. Sidi Aritjahja, seorang dokter dan jamu di Yogyakarta.

3.Meningkatkan sistem imun

((Banten) dokter Dr. Sukarno Hendro mengatakan bahwa daun tin dapat digunakan sebagai imunomodulator, karena daun ara dapat mengatur sistem kekebalan tubuh.

Hasil penelitian 2010 oleh peneliti India Vikas V Patil juga telah mengembangkan langkah ini. Dia mengatakan bahwa daun tin  dapat pmerangsang produksi antibodi dan produksi limfosit, sehingga menghancurkan patogen yang masuk ke dalam tubuh.

Dengan demikian, penggunaan daun tin dapat menangkal berbagai mikroorganisme penyebab penyakit seperti virus, jamur dan bakteri. Ini juga berarti peningkatan sistem kekebalan tubuh, membuat tubuh kurang rentan terhadap penyakit.

4.Mengobati batu ginjal

Menurut Dr. Sidi Aritjahja, daun tin  mengandung  saponin dan alkaloid. Kedua bahan itu bisa digunakan sebagai diuretik yang bisa mengatasi masalah ginjal.

Dengan kandungan saponin dan alkaloid, manfaat daun timah dapat mengikis batu ginjal yang telah mengendap di saluran kemih dan ginjal. Batu ginjal yang mengeras ini pada akhirnya akan diambil saat buang air kecil.

5.Memperbaiki fungsi hati

Untuk waktu yang lama, suku-suku India telah mengunyah daun ara untuk mengobati hepatitis. Ini juga membuat para peneliti dari India, Gond NY dan Khadabadi SS, tertarik untuk membuktikan secara klinis ini.

Dalam kasus dua peneliti, penelitian dilakukan, dan hasilnya diberikan pada ekstrak daun tin.

Akibatnya, ekstrak daun tin diberikan kepada semua tikus yang telah merusak hati selama 100 hari, dan hasilnya menunjukkan bahwa kadar bilirubin, kadar SGPT, dan kadar SGOT menurun secara signifikan. Dengan kata lain, area daun ara dapat mengembalikan fungsi hati yang normal. Bukankah itu keajaiban?


Comments

Popular posts from this blog

Banyaknya Manfaat daun katuk untuk kesehatan

Inilah manfaat serat kepompong ulat sutra