Inilah manfaat serat kepompong ulat sutra

Manfaat serat kepompong ulat sutra

manfaat serat kepompong ulat sutra
Add caption


Murbei adalah tempat ulat sutera hidup. Ulat sutra hidup di pohon murbei karena daun murbei adalah makanan ulat sutra. Pohon mulberry ini dapat tumbuh di semua jenis tanah. Namun, ulat sutera lebih cocok untuk berkembang biak di iklim yang sejuk.
Ulat sutra memiliki beragam serat. Serat yang dihasilkan oleh ulat sutera berwarna putih, coklat muda, kuning dan coklat.
Umumnya, kualitas dan warna serat sutera yang dihasilkan tergantung pada jenis dan makanan ulat sutera. Hanya ulat sutra yang memakan daun mulberry untuk menghasilkan cacat yang ramping dan mengkilap. Selain itu, enamel ini akan menghasilkan kain yang halus, lembut, dan menyerap keringat.
Proses pembuatan kain sutera yang sangat panjang dan kompleks membuat kain sutera sangat mahal. Metode menjaga kain suter sangat rumit. Biasanya induk ulat sutera dapat menghasilkan 500 telur. Setelah 20 hari, telur-telur ini akan menetas menjadi larva ulat. Larva ulat ini sangat serakah karena mereka makan daun mulberry sepanjang hari. Larva ini akan terus tumbuh sampai larva berubah menjadi kecoak. Dari ini 茧, garis sutra berasal. Sebelum menjadi kupu-kupu, kecoak direbus sehingga larva ulat mati. Serat-serat di wadah kemudian dipecah menjadi filamen yang sangat halus. Serat juga harus dipintal.
茧 dapat menghasilkan serat sutra yang tipis dan transparan. Ternyata kecoak ini sangat berguna bagi kita, bahkan kecoak (茧) yang dihasilkan oleh ulat sutra telah digunakan sebagai sumber air panas untuk melembutkan kulit, sebagai alat kecantikan, dapat juga digunakan dalam pengobatan herbal, masker aromaterapi dan bahan herbal lainnya.
Menggunakan ramuan ini dalam ulat sutera dapat meredakan nyeri otot, rematik, pilek, ketegangan, otot, sirkulasi darah, otot wajah, dan kerutan. Karena memiliki banyak manfaat untuk kecantikan dan kesehatan, kepompong ini dijual sebagai bahan perawatan kecantikan.
Apalagi kecoak bisa mengangkat kotoran dan sel-sel kulit mati dengan sangat lembut, sehingga setelah perawatan, kulit terlihat lebih cerah. Namun, perawatan kecantikan dan kesehatan ini 茧 hanya dapat digunakan satu kali. Menurut hasil penelitian, kandungan protein pupa ulat sutera lebih tinggi daripada ikan, daging sapi dan kacang-kacangan. Kelapa ulat juga mengandung asam amino, natrium, kalium dan kalsium, sehingga tidak mengherankan bahwa kepompong ulat sutera adalah yang paling populer di kalangan konsumen.
Beberapa orang hanya tahu bahwa ulat sutera adalah penghasil sutera. Namun, tidak hanya penghasil sutra, hewan-hewan kecil ini memiliki banyak manfaat bagi kehidupan kita. 

Comments

Popular posts from this blog

Banyaknya Manfaat daun katuk untuk kesehatan

5 Manfaat Teh Daun Tin Yang Terbukti Ampuh